Tips Desain Interior Apartement

Apa itu Apartement Studio?

Adalah Apartement yang terdiri dari 1 kamar, 1 kamar mandi, dan 1 Kitchen Set kecil. Kamar mandi adalah satu-satunya ruangan yang berpenyekat, selebihnya semua menjadi satu. Biasanya Apartement type ini berisi kitchen set, mini bar kecil, 1 bedset medium, meja multifungsi dan tv cabinet sederhana.

Apartement type studio akan lebih pas jika menggunakan furniture multifungsi. karena selain menghemat ruang, juga bisa memaksimalkan furniture itu sendiri.

Lay Out

Lay Out adalah penempatan furniture atau bisa juga disebut dengan penataan ruangan. Dalam Lay Outing apartement yang harus diperhatikan adalah space atau akses yang bisa dilewati. Dalam gambar di bawah ini bisa dicontohkan dengan jarak antara almari dengan kitchen Set, atau jarak antara bed dengan tv backdrop.Space yang nyaman untuk akses adalah 80cm, tapi mungkin untuk apartement type studio 60 cm masih bisa digunakan.

Dalam menata furniture usahakan juga untuk memanfaatkan area dinding apartement, supaya area kosong bisa terkumpul di tengah ruangan sehinggan bisa menimbulkan kesan luas dan rapi.

tips desain apartement

Di dalam Lay Out di atas, kitchen ditempatkan di area masuk, selain karena biasanya saluran pembuangan apartement berada di area masuk, juga memudahkan akses kebersihan. Setelah Kitchen set ditempatkan area tv atau lebih sering disebut TV Backdrop. Sebenarnya space setelah kitchen masih memungkinkan untuk ditempatkan meja makan, tapi kami lebih memilih untuk menempatkan tv backrop. karena meja makan bisa ditempatkan di area jendela yang bisa juga berfungsi sebagai mini bar.


Area Almari saya memilih untuk menempatkan meja multifingsi yang bisa digunakan untuk meja kerja atau meja rias.

Manfaatkan Wallpaper untuk mengisi area kosong

Area belakang tempat tidur hanya saya beri head bed setinggi kurang lebih 90cm, selebihnya memaksimalkan wallpaper untuk mengisi area kosong pada dinding. Penambahan hidden light warna kuning seperti contoh dibawah juga memberikan kesan dalam pada apartement.


tips desain apartement


Mengapa pintu almari menggunakan cermin...?

Karena menyesuaikan dengan meja multifungsi yang berdekatan dengan almari, dengan menggunakan cermin, kita tidak perlu lagi menambahkan cermin rias pada meja. Selain itu salah satu cara untuk mengalahkan ruang sempit dalam desain interior adalah dengan cermin. Dengan cermin volume ruangan terkesan bertambah.


tips desain apartement orchad manssion surabaya


Alangkah baiknya jika kita perhatikan electrical dari apartement itu sendiri, untuk meminimalisir kesalahan posisi dalam desain. Bayangkan saja jika kita sudah menempatkan posisi TV di sisi kiri seperti gambar di bawah, ternyata titik output tv, stop kontak, saklar dll berada di sisi kanan. Akan sangat membuang waktu, tenaga dan biaya. Karena manajemen apartemen sendiri biasanya sensitif terhadap perubahan titik electrical, meskipun tidak semua apartement seperti itu.


tips desain apartement


Jangan lupa juga untuk memilih desainer yang mempunyai taste yang bagus, karena untuk interior kita berbicara masalah kenyamanan. Jangan sampai harga menjadi pertimbangan yang utama, yang pada akhirnya anda kecewa dengan apartement anda setelah melihat apartement teman atau saudara anda, dengan perbedaan harga yang tidak terlalu seberapa mendapatkan hasil yang sesuai dengan lokasi, selera, fungsi, dan keindahan.

Desain diatas adalah contoh desain kami untuk APARTEMENT ORCHAD MANSSION PAKUWON (TANGLIN APARTEMENT)



Subscribe to receive free email updates: