Tips Desain Dapur Minimalis

Tips Desain Dapur Minimalis
Tips Desain Dapur Minimalis
Bagi para penghuni rumah khususnya Ibu Rumah Tangga maka dapur adalah sebuah tempat yang wajib dapat memberikan kenyamanan dan membuat penghuninya betah, hal ini terkait dengan adanya berbagai aktifitas yang hampir setiap hari selalu dilakukan di dapur.
Namun terkadang kenyamanan dalam dapur sedikit terganggu ketika luas ruang tersebut dirasa kurang besar sehingga diperlukan beberapa tips untuk mendesain dapur yang minimalis menjadi terlihat cukup lega dan nyaman. Untuk itu, berikut ini kami bagikan 5 tips untuk mendesain dapur minimalis agar terlihat lebih lega dan nyaman, berikut ulasannya:

1.    Warna cat
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mendesain dapur berukuran minimalis adalah pemilihan warna cat, hal ini dikarenakan warna yang cerah dalam ruang dapur dapat memberikan pantulan intensitas cahaya cukup banyak sehingga mampu membuat ilusi mata seolah ruangan tersebut lebih lebar dan luas.

2.    Ventilasi dan cahaya
Hal kedua yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah sirkulasi udara / ventilasi dan cahaya yang masuk dalam dapur. Hal ini sebenarnya juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya yang mana dengan terpenuhinya intensitas cahaya maka dapat membuat dapur menjadi lebih cerah dan lega. Kemudian ditambah dengan sirkulasi udara yang baik sehingga membuat penghuninya dapat menghirup udara dengan cukup dan ruangan pun tidak pengap.

3.    Jendela besar
Aplikasikanlah sebuah jendela berukuran besar pada dapur anda sehingga pandangan dapat melihat ke area luar rumah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ilusi mata yang mana mata membutuhkan relaksasi agar tidak bosan dan jenuh sehingga dengan adanya jendela tersebut anda dapat sesekali melihat keluar untuk merelaksasikan mata.

4.    Furniture multifungsi
Pilihlah beberapa jenis furniture untuk ditambahkan dalam dapur anda, namun perlu diingat bahwa furniture yang dipilih haruslah yang benar-benar fungsional sehingga tidak akan memenuhi sudut ruang. Anda dapat memilih furniture berupa kitchen set yang kini sudah banyak diproduksi dengan berbagai ukuran dan kebutuhan masing-masing penggunanya.

5.    Peralatan dapur sesuai kebutuhan
Hal lain yang tak kalah penting adalah pemilihan peralatan dapur seperti panci, teflon, blender, atau microwave yang mana cukup banyak memakan ruang pada dapur apabila memilikinya secara berlebihan dan menaruhnya kurang rapi.

Oleh karena itu belilah peralatan dapur sesuai dengan kebutuhan dan pastikan alat-alat tersebut memiliki ukuran yang proposional dengan luas dapur anda.

6.    Pemilihan jenis Wastafel
Hal terakhir yang terkadang luput dari perhatian adalah pemilihan jenis wastafel. Untuk sebuah dapur berukuran minimalis maka wastafel dengan harga mahal yang memiliki bentuk cukup lebar tentu bukanlah sebuah pilihan yang bijak. Pilihlah wastafel yang memiliki desain menjorok ke dalam agar tidak terlalu banyak memakan ruang dapur sehingga ruang gerak pengguna pun dapat lebih leluasa.


Demikianlah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam mendesain sebuah dapur berukuran minimalis, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: